Memotivasi Berwirausaha di Bidang Advertising

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Genap 2015/2016.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Genap 2015/2016.

PEKANBARU (riaumandiri.co)- Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Genap 2015/2016. Yang mengangkat judul Pelatihan Penggunaan Ms. Publisher untuk Memotivasi Berwirausaha di Bidang Advertising Bagi Remaja Desa Kubang Jaya, pada Sabtu, 16 April 2016 di Laboratorium Aplikasi STMIK Amik Riau

Kegiatan tersebut diketuai oleh Nurmaliana Pohan, M.Kom, dan beranggotakan Lusiana, M.Kom,Nurjayadi, M.Kom,Rometdo Muzawi, M.Kom,Nur Fajri Asberi

Latar Belakang Kegiatan
Setiap Perguruan Tinggi, harus mampu menghadapi tantangan kemajuan teknologi, pada era globalisasi ini. Setiap Dosen harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu : Pendidikan, Pengajaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Oleh karena itu, setiap Dosen Perguruan Tinggi juga harus melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, di luar kegiatan pendidikan dan pengajaran di ruang kuliah. Ini merupakan salah satu kegiatan untuk menjembatani dunia pendidikan di ruang kuliah dengan masyarakat.

Salah satu teknologi yang umum yang biasa digunakan masyarakat adalah Teknologi Komputer. Pada umumnya, masyarakat menggunakan Komputer hanya untuk keperluan surat menyurat, mendengarkan musik, menonton film, game playing dan membuka situs. Padahal, ada salah satu aplikasi sederhana yang dapat menghasilkan uang, tetapi jarang digunakan. Bahkan ada yang tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut sama sekali. Aplikasi ini sudah terinstall ketika Microsoft Office diinstallkan pada sebuah Komputer. Aplikasi itu dikenal dengan nama Microsoft Office Publisher atau Ms. Publisher.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Ms. Publisher diperkenalkan kepada Remaja Desa Kubang Jaya untuk memotivasi berwirausaha di bidang advertising. Sehingga timbul keinginan remaja untuk mengeksplor lebih luas lagi tentang Komputer. Dalam kegiatan ini, remaja diberikan pelatihan tentang penggunaan Ms. Publisher, kegiatan ini juga dilakukan secara langsung (praktek dan tanya jawab).

Remaja Desa Kubang Jaya banyak yang putus sekolah dan pengangguran. Maka dari itu remaja diberikan pelatihan agar remaja termotivasi untuk berwirausaha. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, remaja diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan Komputer. Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi, pembelajaran dan praktek yang dikemas dalam bentuk pelatihan atau workshop.

Pendekatan / Cara Pemecahan Masalah
Dalam peningkatan pemanfaatan teknologi komputer untuk berwirausaha di bidang advertising, ditargetkan :
1.    Remaja dapat  mengetahui perkembangan teknologi komputer.
2.    Remaja dapat mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan advertising.
3.    Remaja dapat menerapkan atau membuat usaha di bidang advertising.
4.    Remaja dapat mengetahui mendapatkan uang yang halal itu mudah dengan aplikasi yang ada pada komputer.

Dalam pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Ms. Publisher Untuk Memotivasi Berwirausaha di Bidang Advertising ini, sebagai Peserta adalah Remaja Desa Kubang Jaya yang putus sekolah dan pengangguran.

Kegiatan ini didukung oleh pihak Kantor Desa Kubang Jaya dan mendapat tanggapan yang positif dan mengharapkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secepatnya dan berkelanjutan.

Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Tim pengabdian yang terdiri dari ketua dan anggota tim pengusul dari Dosen STMIK Amik Riau dan melibatkan satu orang mahasiswa STMIK Amik Riau. Kualifikasi Tim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah :
1.    Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam bidang advertising.
2.    Memiliki kemampuan dan kerja sama tim dalam pengendalian kerja dengan melakukan koordinasi, pengawasan serta pemantauan terhadap Tim.

 

Dampak atau Hasil Kegiatan yang diharapkan
Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada Remaja Desa Kubang Jaya tentang pemanfaatan teknologi komputer dan apa saja yang dapat dilakukan menggunakan komputer. Sehingga pengetahuan tentang komputer tidak hanya untuk keperluan surat menyurat, mendengarkan musik, menonton film, game playing dan membuka situs. Melainkan dapat juga diaplikasikan di bidang advertising dan menghasilkan uang.(rls/nur)